#Penyebab Iklan Adsense tiba-tiba menghilang

Penyebab Iklan Adsense tiba-tiba menghilang



Mendaftar Adsense untuk kebanyakan blogger memang bukanlah perkara mudah, apalagi saat ini ada kebijakan baru, jika blog belum dianggap layak untuk didaftarkan adsense maka tombol daftar adsense tidak berfungsi (non aktif) sampai blog tersebut benar-benar dianggap layak, oleh karena itu  ketika kita berhasil diterima google adsense, setelah bersusah payah, sudah sekian kali ditolak dan harus menunggu dalam waktu yang lama akhirnya berhasil diterima menjadi publisher google adsense tentu merupakan suatu kebanggan.

Ketika anda berhasil menjadi publisher google adsense bukan berarti anda bisa leluasa melakukan segala hal,  akan tetapi anda harus selalu hati-hati karena adsense ternyata memiliki aturan yang sangat ketat, melakukan kesalahan sedikit saja maka kemungkinan besar akun adsense anda mendapatkan penalty dari google (banned) sehingga pendapatan dari adsense bisa jadi tidak lagi bisa anda  nikmati.

Sebenarnya Banyak sekali permasalahan yang bisa ditimbulakan terhadap akun adsense, salah satu keluahan yang sering saya terima baru-baru ini adalah iklan adsense tiba-tiba hilang dan tidak mau tampil atau tidak muncul pada halaman blog, padahal akun adsense sudah full approve atau diterima sepenuhnya dan sebelumnya iklan berjalan dengan baik.

Penyebab Iklan Adsense tiba-tiba menghilang

Jika anda kebetulan  memiliki masalah dengan iklan adsense anda terutama iklan tiba-tiba menghilang tidak muncul seperti biasanya, beberapa penyebabnya bisa jadi sebagai berikut:

1. Akun Adsense Anda di Banned (dinonaktifkan)

Penyebab yang pertama jika  iklan adsense anda tiba-tiba hilang bisa jadi dikarenakan akun adsense anda dibanned, ketika akun adsense dibanned anda pada umumnya akan menerima email dari pihak google adsense yang menyatakan bahwa akun adsense anda di non aktifkan.

Banyak sekali penyebab banned pada akun adsense anda, dampaknya adalah, anda tidak akan bisa masuk mengakses akun adsense anda kembali, dan iklan adsense yang anda pasang pada blog anda akan menghilang secara otomatis.

2. Anda memasang Adblock plugin (pemblokir iklan) pada browser anda

Penyebab iklan adsense tidak tampil pada halaman blog anda yang berikutnya adalah, karena anda memasang tool adblock pada browser yang anda gunakan. Bisa jadi karena beberapa alasan anda sengaja memasang adblock plguin pada browser yang anda gunakan, misalnya saja untuk menghilangkan iklan-iklan pengganggu yang terinstal secara otomatis pada browser yang anda gunakan tanpa anda sadari sebelumnya.

Pemasangan adblock pada browser ternyata secara otomatis akan ikut juga menonaktifkan tayangan iklan adsense pada browser anda sehingga anda tidak akan bisa lagi melihat iklan adsense tayang pada halaman blog anda (hanya pada browser yang anda pasangi adblock saja).

Ini memang bukanlah perkara serius, karena sebenarnya iklan adsense masih berjalan, akan tetapi browser anda menyembunyikannya akibat anda memasang tool semacam adblock pada browser yang anda gunakan.

agar anda bisa melihat iklan adsense kembali pada komputer anda, maka pastikan bahwa adblock tidak aktif halaman situs atau blog anda, itu juga jika memang anda memasang adblock pada browser anda.

3. Konten Blog Anda mengandung Kata-kata yang tidak sesuai dengan kebijakan

Berikutnya yang bisa menyebabkan iklan adsense anda lenyap atau iklan di non aktifkan dan tidak tampil di blog adalah karena blog anda mengandung konten yang menyalahi kebijakan google adsene.

Kasus ini pernah terjadi pada blog teman saya dimana iklan adsense di beberapa halaman tidak mau tampil, penyebabnya baru diketahui ketika dia mengakses akun adsense mliknya dan ternyata didalamnya terdapat informasi berupa notifikasi bahwa ada beberapa halaman pada blognya yang mengandung kata-kata yang tidak sesuai dengan kebijakan google adsense.

Yang dia sadari tidak ada satupun konten yang secara sengaja dia buat dengan mencantumkan kata-kata yang bisa dianggap menyalahi kebijakan google adsense, dan setelah di telusuri ternyata di halaman tertentu pada blognya terdapat link dari kometar blog yang diarahkan ke situs-situs yang benar-benar tidak sesuai dengan kebijakan.

Agar google adsense dapat bertahan lebih lama, sebaiknya anda selalu hati-hati dalam memoderasi komentar blog karena bisa jadi ada beberapa komentar yang menyertakan link aktif baik itu di nama komentator maupun diisi komentator yang diarahkan kesitus yang tidak sesuai dengan kebijakan atau isi komentar yang mengandung kata-kata yang tidak sesuai dengan kebijakan mereka, jika anda menemukan kejadian semacam itu lebih baik anda jangan terbitkan komentar tersebut, karena jika tidak akan berdampak buruk pada akun adsense anda, bisa jadi iklan adsense pada blog tersebut di non aktifkan (banned blog).

4. Hati-hati ketika Adsense disandingkan dengan Media Pengiklan Lainnya

Banyak PPC (Pay Per Click) lain selain Google Adsense yang cukup populer, seperti Infolink, Kumpul Blogger, Chitika, Bidvertiser, Sitti, Klik Saya, Adsense Camp, Clicksor, Adplus, Adstar, dll.

Dari banyaknya media periklanan kemungkinan iklan tersebut memiliki peluang untuk dipasang dalam satu halaman blog dengan iklan google adsese, khusus untuk publisher adsense, banyak sekali pertanyaan mengenai masalah ini.

# Apakah adsense boleh disandingkan dengan jenis iklan PPC lainnya?


Jawabannya adalah boleh, namun tentu saja dengan syarat-syarat tertentu.

Adsense pernah memaparkan mengenai masalah ini, kesimpulan dari pernyataan pihak google adsense adalah, bahwa iklan adsense boleh disandingkan dengan media periklanan lainnya, namun anda harus memastikan bahwa iklan yang anda sandingkan tersebut terutama format atau warna iklan tersebut harus berbeda dengan iklan adsense, atau anda harus mampu memberikan sentuhan berbeda terhadap iklan pihak ketiga yang akan disandingkan dengan adsense, sehingga pengunjung blog anda tau betul mana iklan dari google adsense dan mana iklan lainnya.

# Menyandingkan iklan adsense dengan iklan lain ternyata bisa berdampak buruk pada akun adsense anda!


Dibolehkannya menyandingkan iklan adsense dengan jenis iklan lainnya  tentu saja merupakan sebuah kesempatan yang baik yang bisa digunakan para publisher iklan untuk meraup keuntungan lebih, namun jika anda memilih cara ini anda harus berhati-hati, karena ternyata ada kasus yang menyebabkan iklan adsense tiba-tiba menghilang (dibanned) pada halaman blog ketika disandingkan dengan iklan lainnya.

Penyebabnya adalah iklan pihak ke 3 yang disandingkan dengan adsense ternyata bisa menampilkan kata-kata yang tidak sesuai dengan kebijakan google adsense, dan akibatnya iklan adsense tidak tampil, kasus ini pernah terjadi pada akun adsense sahabat saya, dimana dia menyandingkan iklan adsense dengan kumpulblogger, beberapa hari bertahan dan bekerja normal namun di hari-hari berikutnya iklan adsnese tidak lagi tampil, dan setelah diselidiki ternyata penyebabnya adalah adanya iklan yang bersumber dari kumpulblogger yang menggenerate kata-kata dalam bentuk atribut title pada gambar iklan yang menyalahi kebijkan google adsense. karena terlanjur dibiarkan berlarut-larut akhirnya iklan adsense pada blog tersebut di banned (dinonaktifkan), dan iklan adsnes tidak lagi muncul atau tayang pada blog tersebut meskipun kode iklan adsense masih terpasang.

Jika anda memilih menyandingkan iklan adsense dengan jenis iklan lainnya, anda harus selalu memastikan bahwa setiap bagian dari iklan tersebut sesuai juga dengan kebijakan adsnes, baik dari nama file gambar yang digunakan, atribut ALT gambar tersebut, atribut TITLE dari gambar tersebut dan juga link yang dituju oleh iklan tersebut, sehingga iklan tersebut bisa bekerja dan disandingkan dengan adsense tanpa dampak yang buruk.


5. Pengajuan Pendaftaran Akun Adsense Anda ditolak

Perlu anda ketahui bahwa untuk saat ini sampai oktober 2015, pengajuan pendaftaran akun adsnese untuk indonesia melalui 2 tahap review, jika tahap review ke 1 berhasil maka akan dilanjutkan ke tahap review 2, di tahap review 2 anda sudah bisa mengakses halaman akun adsense anda, memilih jenis iklan dan anda akan diminta untuk memasang kode unit iklan adsense pada halaman blog anda.

Jika anda berhasil memasang iklan adsense pada blog, awalnya iklan adsense anda hanya akan menapilkan ruang kosong saja, di tahap review 2 iklan adsense bisa saja muncul, namun anda sebaiknya jangan berbangga dulu, karena mungkin saja masih proses review, iklan adsense bisa saja menghilang secara tiba-tiba jika review 2 dianggap gagal atau tidak lolos.

Ada banyak kasus yang saya temui mengenai iklan adsense yang masih dianggap baru tiba-tiba menghilang, salah satu penyebabnya adalah iklan adsense di non aktifkan atau pengajuan pendaftaran yang anda lakukan gagal.

Ininya ketika mengajukan pendaftaran anda baru bisa memastikan gagal dan lolosnya pendaftaran adsense anda ketika anda berhasil menerima email pemberitahuan dari google bahwa pendaftaran anda berhasil/ditolak. atau jika pengajuan adsense anda tidak ada tanggapan selama lebih dari 2 minggu kemungkinan besar pengajuan pendaftaran adsense anda ditolak.

Memang banyak sekali kasus penyebab iklan adsense tiba-tiba hilang, iklan adsense yang awalnya berjalan dengan baik tiba-tiba menghilang, mungkin ada banyak sekali penyebabnya, beberapa diantaranya adalah yang diuraikan diatas.

Dengan mengetahui penyebabnya kemngkinan besar anda bisa mengantisifasi segala hal yang berkaitan dengan keamanan akun adsense anda sehingga akun adsense anda bisa bertahan lebih lama.

Demikian artikel sederhana tentang  Penyebab Iklan Adsense menghilang tidak tampil, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Kembali ke...